Swipe up untuk membaca artikel

Sragen - Ketarunaan SMK Sakti Gemolong : Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Ketarunaan SMK Sakti Gemolong : Pancasila Sebagai Ideologi Negara
Add caption


Pelda Suyono  Babinsa Kel. Kragilan Koramil 15 / Gemolong melaksanakan kegiatan PPBN kepada siswa / siswi ketarunaan SMK  Sakti Gemolong, Rabu ( 16/10/19 ). 


Materi yang disampaikan tentang pemahaman butir butir pancasila, Butir-butir pancasila merupakan uraian detail beberapa poin yang diturunkan dari substansi tiap sila dalam Pancasila. Semua manusia Indonesia apalagi kalangan terpelajar harus memahami terlebih dahulu butir-butir Pancasila sebelum mengamalkannya. Menghapal pancasila tidaklah sulit. Sejak SD kita sudah terlatih melafalkannya, namun memahami dan mengamalkan tiap butirnya adalah pekerjaan seumur hidup.


Pancasila terdiri dari penyataaan yang kental muatan filosofis dan ideologis. Untuk memahami secara lebih praktis, kelima sila tersebut perlu diturunkan ke dalam butir-butir. Turunan ke dalam butir-butir Pancasila adalah cara untuk membantu memahami saja.  " Pada hakekatnya sudah jelas bahwa Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara yang harus terus dihidupkan oleh seluruh warga negara " ujarnya.


Secara intuitif sebagai individu sekaligus warga negara, butir-butir tersebut dapat dipahami harus menjadi panduan praktis dalam menjalani hidup.  " Pancasila adalah entitas yang sakral namun sekaligus dekat dengan kita karena dapat diimplementasikan. Pada tataran individu, implementasi pancasila dapat dilakukan dengan melaksanakan tiap butirnya " ungkap Pelda Suyono. (red)


berita tni