Iklan

Berita Militer
Sabtu, 14 November 2020, November 14, 2020 WIB
Last Updated 2020-11-18T04:32:48Z
beritaCovid 19polritni

Hadapi Musim Penghujan, TNI Gelar Simulasi Tanah Longsor di Desa Nglegok

Hadapi Musim Penghujan, TNI Gelar Simulasi Tanah Longsor di Desa Nglegok

Hadapi Musim Penghujan, TNI Gelar Simulasi Tanah Longsor di Desa Nglegok


KARANGANYAR - TNI-Polri bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar dan sejumlah relawan, megelar gladi lapang simulasi bencana tanah longsor di Desa Nglegok, Ngargoyoso. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari tahap pembentukan desa tangguh bencana.

 

Komandan Kodim 0727/Karanganyar melalui Mayor Inf Suwarko menjelaskan, Kegiatan gladi lapangan tanah longsor yang dilaksanakan merupakan rangkaian pembentukan/pengembangan Desa Tangguh Bencana di Desa Nglegok, setelah selesai gladi dan evaluasi, dilakukan penetapan Desa Nglegok sebagai Desa Tangguh Bencana.

 

Kabupaten Karanganyar merupakan daerah rawan bencana. Oleh karena itu, kita tidak dapat menghindar dari bencana tanah longsor, dan kita hanya bisa mengurangi resikonya. Sehingga TNI-Polri bersama dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar bekerja sama dengan BPBD, mengupayakan berbagai tindakan yang berkelanjutan dalam pengurangan resiko bencana. Salah satu tindakan yang sudah dilakukan adalah mengusahakan Desa-Desa Rawan Bencana menjadi Desa Tangguh Bencana.

 

"Tujuannya yaitu agar masyarakat desa mampu mengenali ancaman dan menggunakan sumber daya yang ada dalam menanggulangi bencana/peningkatan kapasitas masyarakat. Selain itu, supaya masyarakat mampu berkontribusi untuk mengintegrasikan pengurangan resiko bencana dalam perencanaan pembangunan desa", jelasnya.(Tr-27)

Tidak ada komentar: