Swipe up untuk membaca artikel

Antisipasi Banjir, Koramil 21 Juwiring Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Irigasi

 Antisipasi Banjir, Koramil 21 Juwiring Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Irigasi

 


Klaten | Kerja bakti merupakan sarana untuk membangun kebersaman, kesadaran maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan, dan kenyamanan lingkungan yang bermanfaat bagi kepentingan seluruh warga.

Antisipasi Banjir, Koramil 21 Juwiring Bersama Warga Kerja Bakti Bersihkan Saluran Irigasi

Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Juwiring, KecamatanJuwiring, Kab. Klaten bersama dengan Anggota Koramil  Koramil 21/Juwiring Kodim 0723/Klaten dan LSM Gita Pertiwi bekerjasama dengan CSR PT Tirta Investama Klaten (Aqua. Klaten). Mereka bersinergi melaksanakan kerja bakti bertempat di sepanjang saluran irigasi kali Karangwuni, Desa Juwiring, KecamatanJuwiring, Kab. Klaten, Minggu (25/10/2020).

 

Ikut serta dalam kegiatan tersebut Kades Juwiring Sugiyarto beserta Perangkat, Anggota Koramil 21/Juwiring (7 orang), Perwakilan LSM Gita Pertiwi, Perwakilan PT Tirta Investama Klaten, Ketua Gapoktan Murih Raharjo desa Juwiring, dan para petani di wilayah Desa Juwiring berjumlah sekitar 40 orang.

 

Kades Juwiring Sugiyarto di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa pembersihan saluran irigasi yang melintasi persawahan Dk. Karangwuni Ds. Juwiring ini harus segera dilakukan, mengingat banyaknya sampah, rumput liar dan semak belukar yang yang menutupi saluran irigasi tersebut.

 

" Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan menyumbat saluran yang dapat mengakibatkan banjir di area persawahan Dk. Karangwuni, apalagi sebentar lagi akan memasuki musim penghujan, "ucap Kades.

 

Sementara itu Babinsa  Desa Juwiring Koptu Budi Santosa menambahkan melalui Gotong royong pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga Desa Juwiring agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh di seputaran bantaran sungai.

 

" Bukan hanya jalan, sungai juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di sungai seperti ini, terlebih bila terjadi banjir dan genangan air, nanti lama-lama dijadikan sarang nyamuk, "tegasnya.

 

" Dengan dilaksanakannya kerja bakti membersihkan saluran irigasi dari berbagai kotoran atau sampah serta rumput liar yang mengganggu, diharapkan air mengalir dengan lancar sehingga  terhindar dari banjir dan sungai juga terus terjaga kebersihannya," pungkas Babinsa. (Red)

berita Covid 19 polri tni