Iklan

Berita Militer
Minggu, 27 September 2020, September 27, 2020 WIB
Last Updated 2020-09-30T07:40:11Z
beritaCovid 19polriTMMDTMMD Regtni

Ketahui Potensi Hasil Panen Lewat Pengubinan

Boyolali. Anggota Koramil 12/Simo Kodim 0724/Boyolali Serda M Irfan dan Serda M Zaenuri mendampingi kegiatan pengubinan tanaman kedelai siap panen oleh Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali di Dukuh Tegalrejo  Rt 03 Rw 08 Desa Pelem, Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Sabtu (26/09).

Pengubinan merupakan cara mudah untuk mengetahui potensi hasil panen, khususnya pada tanaman padi, jagung dan kedelai, pengubinan ini biasa dilakukan para petani menjelang masa panen.

Cara menghitung produksi dengan metode pengubinan ini dilakukan anggota Koramil 12/Simo bersama Dinas Pertanian Kabupaten dan PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) Desa Pelem melaksanakan pendampingan dalam rangka pengubinan tanaman kedelai jenis anjasmoro.

Koordinator dari Dinas Pertanian Kusminah (47) mengatakan pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas statistik dan pertanian untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil produk pertanian seperti padi dan jagung.

"Cara atau teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil panen dalam luasan satu hamparan. Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan hasil panen dari tanaman yang dikelolanya," ungkap Kusmiyah.

Serda M Irfan mengatakan, sudah menjadi tugas kami selaku Babinsa di wilayah maupun anggota Koramil 12/Simo hadir ditengah petani untuk memberikan motivasi dan mendorong semangat para petani dalam meningkatkan hasil panen. Dengan hal itu para petani bisa lebih produktif  sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan hasil panen demi ketahanan pangan wilayah khususnya di Kabupaten Boyolali.

"Berada ditengah warga maupun para petani adalah tugas dan kewajiban kami selaku Babinsa maupun aparat teritorial. Selain itu kegiatan semacam ini juga sebagai ajang silaturahmi antara petani dengan Babinsa," tutur Serda M Irfan. (Penerangan Kodim 0724/Boyolali).

Tidak ada komentar: