Iklan

Berita Militer
Senin, 09 Maret 2020, Maret 09, 2020 WIB
Last Updated 2020-03-10T11:23:53Z
beritatni

Tak Ingin Gagal Panen Babinsa Cawas Pelihara dan TanamTanaman Refugia

Tak Ingin Gagal Panen Babinsa Cawas Pelihara dan Tanam Tanaman Refugia

 

Babinsa Koramil 20 Cawas Kodim 0723/Klaten Pelda Sujadi melaksanakan pendampingan sekaligus membantu petani melakukan kegiatan pembasmian hama tanaman padi dengan merawat dan menanam pohon Refugia sebagai anti hama WBC (Wereng Batang Coklat) di Desa Pakisan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten, Minggu ( 8/3/2020 ).

 

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Pakisan Pelda Sujadi bersama petani melaksanakan pembersihan rumput dan memananam tanaman Refugia dipinggiran pematang sawah, yang dihadiri oleh Kades Pakisan dan Perangkat, Bhabinkamtibmas, PPL Kecamatan,  Poktani sumber Agung Pakisan.


 

Sebagai sarana Komunikasi Sosial,  Babinsa selalu bekerja sama dengan lintas komponen masyarakat dan Aparat Pemerintahan bekerjasama dengan Apkowil sehingga prinsip mencegah lebih baik dari pada mengobati itu selalu di pegang teguh oleh Pelda Sujadi.

 


Dihadapkan dengan permasalahan tanaman padi yang mulai berbuah sangat tepat bila tanaman Refugia di tanam di sepanjang pinggir sawah agar terjadi rantai makanan yang tetap terjaga.

 

Refugia ini adalah jenis tanaman yang dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya yang lain bagi musuh alami tanaman utama. Refugia berfungsi sebagai mikrohabitat yang mampu memberikan kontribusi dalam usaha konservasi musuh. sehingga tanaman Refugia ini efektif untuk mengendalikan hama wereng pada tanaman padi.

 

Menurut Pelda Sujadi, salah satu tujuan pemeliharaan dan penanaman  Refugia, untuk membasmi hama penyakit tanaman padi khususnya hama WBC (Wereng Batang Coklat), sehingga hasil produksi nantinya dapat maksimal.


 

"Kegiatan penanaman dan pemeliharaan Refugia tersebut bertujuan untuk menimalisir hama yang selama ini sering menyerang tanaman khususnya padi. sehingga para petani mengalami kerugian bahkan bisa gagal panen," terang Pelda Sujadi.

Tidak ada komentar: