Swipe up untuk membaca artikel

PERAN BABINSA KACANGAN TINGKATKAN SWASEMBADA PANGAN

BOYOLALI. Babinsa Koramil 15/Andong Kodim 0724/Boyolali Sertu Sugito melaksanakan Upaya Khusus (Upsus) peningkatan hasil produksi padi melalui pendampingan pertanian dengan membantu membersihkan gulma/penyiangan tanaman padi seluas 800 m2, lahan milik  Kelompok Tani Ngudi Makmur Bapak Sukiman (54), Desa Kacangan, RT. 06 RW. 1, Kec. Andong, Kab. Boyolali. Senin (27/01)  

Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani dan kelompok tani di wilayah binaan, Peran Babinsa dalam Upsus dalam meningkatkan produksi padi adalah sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator dan organisatordan dinamisator melalui Pengawalan serta pendampingan pertanian dengan petani atau kelompok tani.

Padi merupakan salah satu Komoditi utama selain Jagung dan Kedelai yang menjadi Pioritas Utama Pemerintah dikarenakan padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan sehingga dari sisi ketahanan pangan nasional fungsinya menjadi amat penting dan strategis.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/Andong  Kodim 0724 Boyolali  selalu berupaya maksimal dalam melaksanakan Upsus pendampingan petani dalam menyukseskan Program Swasembada Pangan Nasional dan Upsus Pendampingan Petani ini merupakan wujud Kepedulian TNI melalui Babinsa terhadap wilayah Binaanya dengan harapan dapat terjalin hubungan yang kuat antara Petani dan Babinsa, (Penerangan Kodim 0724/ Boyolali)