Swipe up untuk membaca artikel

Gelar Karya P5 SD Muhtong Klaten

 



KLATEN | Dewasa ini, makanan khas setiap daerah perlahan mulai ditinggalkan seiring perkembangan jaman. Banyak anak yang lebih mengenal makanan modern dibandingkan dengan makanan tradisional.


Dalam rangka penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka di tahun pelajaran 2023/2024 SD Muhammadiyah Tonggalan (Muhtong) Klaten melakukan kegiatan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), (24/11/2023)


Pada kegiatan Gelar Karya P5 SD Muhtong tersebut mengangkat tema Kearifan lokal yaitu "Makananku Budayaku" yang mana makanan merupakan bagian dari sebuah kebudayaan dan hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas masing-masing.


Kegiatan tersebut digelar di halaman Kampus 1 SD Muhammadiyah Tonggalan yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 2A, 2B dan 2C dan 2D dan dibuka langsung oleh Kepala Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Tonggalan Ghufron Ahmad, Am, S.Pd


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekolah SD Muhtong Ghufron Ahmad, Am, S.Pd, Waka Siswa, Nanang Setiawan S. Pd, Waka Kurikulum Sugeng Riyadi S. Sos, Para Wali Kelas 2 dan Wali Murid Se Kelas 2.



Saat di temui salah satu Wali Kelas 2, Nova Rosita S.Pd mengungkapkan bahwa pelaksanaan gelar karya P5 ini merupakan projek pertama yang telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2023 lalu, Projek ini terdiri dari lima tahap yaitu Pengenalan, Kontekstualisasi, Perencanaan, Aksi dan Refeksi. 


"Tujuan gelar karya ini adalah untuk dapat memberikan kesempatan kepada siswa mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya," ungkap Nova Rosita, S. Pd. 


Wali kelas yang disapa akrab dengan sebutan Bu Nova tersebut lanjut menjelaskan bahwa kegiatan gelar karya P5 diikuti seluruh kelas 2 dengan kelompoknya masing-masing menampilkan hasil karyanya yang berupa produk olahan makanan tradisional.


"Gelar karya kelas 2 ini menampilkan hasil olahan-olahan makanan tradisional seperti Wedang Uwuh, Tempe, Getuk, Klepon, Onde-onde dan lain-lain. Hasil olahan tersebut dikemas semenarik mungkin, dipemerkan di kelompok kelas masing-masing untuk dinilai," ujarnya. 


Sementara itu Kepala Sekolah Ghufron Ahmad AM, S.Pd mengatakan bahwa gelaran karya P5 ini guna mengenalkan siswa dengan mengetahui makanan tradisional Indonesia. 


"Semoga Dengan gelar karya (market day) P5-RA ini siswa di samping tujuan utama dimensi P5 yaitu beriman, bertaqwa, bergotong royong, Berkebhinekaan Global dan dimensi Mandiri, siswa dapat mengetahui makanan-makanan tradisional bangsanya sehingga bisa mencintai Budaya makanan Indonesia," pungkas Ghufron Ahmad AM, S.Pd. 


Pada Gelaran karaya P5 Di Sd Muhtong, selain menampilkan Olahan makanan tradisional juga menampilkan seni tari budaya, Puisi dan Presentasi Makanan oleh siswa. (Red) 


berita Berita Satuan tni