Swipe up untuk membaca artikel

Tracing Kontak Covid-19, Babinsa Tak Kenal Lelah Dampingi Tim Kesehatan



Wonogiri – Babinsa menjadi ujung tombak TNI-AD dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 diwilayah binaan masing-masing. Dengan bersinergi bersama instansi terkait dan Satgas Penanggulangan Covid-19 terus dilakukan. Tak hanya itu, pendekatan di tengah masyarakat juga makin digencarkan, guna menumbuhkan semangat bersama untuk melawan Covid-19.

Salah satunya ditunjukkan Babinsa bersama petugas Puskesmas, untuk melacak kontak erat atau tracing dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Serka Agus Wahyudi, anggota Babinsa Desa Gedong, Koramil 03/Ngadirojo bersama dengan rekan Babinsa Serda Joko Yuwono, tak kenal lelah mendampingi tim kesehatan Puskesmas Ngadirojo melaksanakan Tracing, Jum'at(23/7).

Babinsa mengatakan, kegiatan Tracing dilakukan sebagai langkah antisipasi agar keluarga pasien Covid-19 dan lingkungan sekitarnya tidak ikut terpapar, sekaligus guna memutus penyebaran mata rantai virus Covid-19. Kami bersama tim Tracing terus memberikan semangat kepada keluarga pasien agar tetap tenang dan tidak panic.

Serka Agus menambahkan, kegiatan ini merupakan implementasi tugas dan tanggung jawab Babinsa sebagai aparat kewilayahan. Babinsa harus selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Sebagai seorang Tracer, bersinergi dengan Tim Kesehatan dan instansi terkait serta Satgas penanganan Covid-19, harus bekerja cepat dikala ada pasien suspeck atau terkonfirmasi positif Covid-19, segera ditelusuri riwayat kontak erat dengan pasien, sehingga dapat mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat.

Menurutnya, upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak, dan bagi keluarga yang kontak erat dengan pasien supaya melakukan isolasi mandiri, dengan selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protocol kesehatan, (Pendim 0728/Wng).
berita Covid 19 polri tni