-->

Koramil Juwiring Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana Bersama BPBD dan Relawan


Klaten - Mengantisipasi terjadinya bencana alam pada puncak musim penghujan tahun 2020 /2021, Muspika Juwiring bersama BPBD Klaten dan Relawan Ring I Kecamatan Juwiring menggelar Rakor Siaga Bencana Alam Kecamatan Juwiring bertempat di Aula Kantor Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Sabtu (20/02/2021).

Rakor tersebut membahas tentang pemetaan daerah rawan bencana banjir dan puting beliung untuk antisipasi bila terjadinya bencana alam banjir serta pendirian Posko terpadu penanggulangan bencana Alam yang berada di kantor Kecamatan Juwiring.

Dalam paparannya, Plt. Kasi Darurat BPBD Klaten Edi Eka Suyanta, SH., MM menyampaikan bahwa wilayah Kab. Klaten merupakan daerah rawan  bencana, antara lain banjir, angin puting beliung, pohon tumbang, gunung meletus, gempa bumi. Oleh karena itu diperlukan mitigasi bencana dan pencegahan serta penanggulangan bencana oleh unsur-unsur terkait.

" menghadapi puncak hujan tahun ini, Relawan Tingkat Kecamatan agar meningkatkan  kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam di wilayahnya, " ucapnya.

Sementara itu Camat Juwiring Herlambang Jaka Santosa, SH., M.Si mengapresiasi Relawan Ring I Kecamatan Juwiring yang selama ini telah bersedia mengorbankan kepentingan pribadinya tanpa pamrih dalam rangka mengabdi untuk keselamatan dan ketenteraman seluruh warga di wilayah Kecamatan Juwiring.

" dengan Rakor ini diharapkan dapat mewujudkan ketangguhan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, kesadaran, dan kemampuan serta perilaku dan budaya yang sadar bencana sehingga terwujud sistem penyelenggaraan penanggulangan bencana yang handal dalam menangani prabencana, tanggap darurat dan pasca bencana, " ucap Camat.

Di tempat yang sama Bati Tuud Koramil 21 Juwiring Pelda Suyono mengatakan bahwa Koramil bersama Pemerintah Kecamatan, Polsek dan Relawan Ring I Kecamatan Juwiring siap memberikan bantuan apabila suatu saat terjadi bencana alam di wilayahnya.

" Kami berharap dengan Rakor kali ini, semua unsur terkait dapat selalu bersinergi dengan TNI dan Polri, dalam menanggulangi bencana alam, sehingga bisa memberikan sumbangsih dalam membantu kesulitan masyarakat di wilayah Kecamatan Juwiring, " katanya. 

Lebih lanjut Pelda Suyono juga mengingatkan terkait langkah-langkah dalam mengantisipasi bencana alam di wilayah Juwiring. 

Dengan adanya kebersamaan, kekompakan dan saling koordinasi, penanggulangan bencana di Juwiring akan berjalan dengan baik.

" yang paling utama tentunya adalah menyiapkan diri menghadapi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Kami juga berharap masyarakat kita menjadi masyarakat yang tangguh dan mampu menggunakan kearifan lokal dalam mencegah dan menghadapi bencana alam," pungkas Bati Tuud. (Red).

0 Response to "Koramil Juwiring Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana Bersama BPBD dan Relawan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel