-->

Kodim Sragen - Danramil Bersama BPP Kecamatan Gemolong Laksanakan Koordinasi Basmi Hama Tikus

Danramil Bersama BPP Kecamatan Gemolong Laksanakan Koordinasi Basmi Hama Tikus



Akhir - akhir ini yang sangat merebak cara membasmi hama Tikus di Wilayah kabupaten Sragen yaitu memasang jebakan Tikus dengan menggunakan Strom Listrik di sawah - sawah yang notabene itu sangat besar bahayanya bagi yang memasang atau orang lain yang melewati, ini menjadi pemantik Danramil Gemolong untuk mencarikan solusi bagaimana cara membasmi Tikus yang bisa aman dan tidak menimbulkan bahaya bagi orang lain. 

Untuk itu, Selasa 24 November 2020 Kapten Cba Suwanto Komandan Koramil 15/Gemolong melaksanakan koordinasi di Kantor BPP Kecamatan Gemolong berkaitan dengan Pembasmian Hama Tikus yang meresahkan Petani khususnya di wilayah Kabupaten Sragen. Dalam silaturohminya Danramil di sambut oleh  Kepala Bagian Hama dan Penyakit Bpk Ali Susanto SP dan Bpk Agus Haryono PPL Desa Kaloran dan Bpk Samidi ketua KTNA Kecamatan Gemolong.

Penjelasan dari Bpk Ali Susanto SP  selaku Kepala Bagian Hama dan Penyakit Kantor BPP Kecamatan Gemolong diantaranya dengan Sanitasi sekitar Pesawahan yaitu dengan membersihkan tanam tanaman yang tidak pada tempatnya contohnya, pohon - pohon yang rindang, rumput - rumput yang liar agar di bersihkan supaya Tikus tidak membuat sarang di tempat tersebut.

Kedua, Supaya para petani serempak dalam Penanam, gunanya untuk menghindari Tikus berpindah tempat dari tanaman yg satu ke tanaman yang lain.

Ketiga, Fumigasi, adalah melaksanakan pengasapan terhadap lubang2 tikus di sekitar Persawahan dengan cara Emposan yaitu menggunakan Belerang di jadikan asap supaya Tikus yang di lubang lubang mati atau bisa keluar dari rumah tikus yaitu lubang - lubang tadi.

Keempat, Menggunakan Premium Caranya adalah Kapas atau kain di celupkan di Premium kemudian di masukkan lubang - lubang rumah tikus, dengan menghirup aroma premium tikus akan mati dengan sendirinya.

Kelima, Pengumpanan dengan menggunakan racun tikus dengan cara Hari pertama jangan langsung di kasih racun, cukup di pasang umpan makan makanan saja sampai hari ke tiga, Hari ke empat umpan makan makananan yg seperti hari pertama, kedua dan ketiga, makanan di taburi racun tikus namun jangan racun yg langsung seketika bisa mematikan tikus,  Setelah hari keempat umpan dengan racun di pasang besuk paginya sudah banyak tikus yang mati.

" Setelah umpan hari ke empat dilaksanakan, jangan langsung pasang lagi tunggu jeda 1 minggu untuk memulai umpan lagi. satu minggu baru dipasang umpan lagi berurutan dari umpan yang belum di taburi racun sampai dengan umpan yg telah di taburi racun Tikus " ucap Ali.

Cara terakhir menurut Ali, Dengan cara memasang predator burung hantu di sawah – sawah, yang pertama para petani supaya pasang rumah - rumah burung hantu di sawah2 dengan batas ketinggian rumah minimal 4 meter, Posisi rumah harus kokoh tidak boleh goyang - goyang kena angin. Nanti apabila rumah dirasa nyaman akan datang burung hantu yang menempati. Kekurangan cara ini adalah apabila sudah tidak musim Tikus burung akan pindah ke tempat lain.


0 Response to "Kodim Sragen - Danramil Bersama BPP Kecamatan Gemolong Laksanakan Koordinasi Basmi Hama Tikus"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel