Iklan

Berita Militer
Kamis, 15 Oktober 2020, Oktober 15, 2020 WIB
Last Updated 2020-10-22T05:09:38Z
beritaCovid 19TMMDtni

Kodim Sragen - Babinsa Desa Pagak Bekali Linmas Dengan Materi Bela Negara

Babinsa Desa Pagak  Bekali Linmas Dengan Materi Bela Negara



Rabu, 14 Oktober 2020 Sertu Trimo  Babinsa Desa Pagak bersama Babinkamtibmas Ds pagak melaksanakan Bin Pendidikan Pendahuluan Bela Negara  ( PPBN ) Kepada Linmas Ds Pagak Kec. Sumberlawang Kab Sragen.

Sertu Trimo mengatakan pengetahuan Bela merupakan salah satu hal yang wajib dikuasai oleh anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) sebagai kompenen cadangan dalam sistem pertahanan semesta (Sishanta).

Seperti diketahui TNI sebagai komponen utama dalam pertahanan Sishanta memerlukan dukungan dari seluruh unsur cadangan termasuk didalamnya Linmas.

"Jadi peran Linmas cukup strategis, selain itu Linmas merupakan garda terdepan dalam pengamanan masyarakat di tingkat desa atau kelurahan. Selain itu Linmas juga bagian dari mitra TNI dalam hal ini Babinsa yang bertugas di wilayah," katanya.

Untuk itu Linmas harus dibekali dengan materi Bela Negara (PPBN) yang memuat didalamya hal-hal mendasar tentang Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dengan pemahaman tentang bela negara akan tumbuh rasa nasionalisme, dan kecintaan terhadap tanah air, yang muaranya adalah terciptanya nilai-nilai kejuangan untuk membela dan mempertahankan negara melalui kapasitas Linmas sebagai pelindung masyarakat," jelas Trimo.



Tidak ada komentar: