Iklan

Berita Militer
Sabtu, 05 September 2020, September 05, 2020 WIB
Last Updated 2020-09-05T16:47:46Z
beritatni

Dandim: Penguatan Peran Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Masa New Normal

Dandim: Penguatan Peran Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Masa New Normal

KARANGANYAR - Dandim: Penguatan Peran Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Masa New Normal
KARANGANYAR - Dandim: Penguatan Peran Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Masa New Normal

Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P., menjadi nara sumber silahturahmi tokoh agama dan tokoh masyarakat forum kerukunan umat beragama kabupaten Karanganyar, Jum'at (04/09/20).


Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karanganyar bersama Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Kodim 0727 Karanganyar menyelenggarakan silaturahmi  tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat yang ada di wilayah Karanganyar. Diharapkan kegiatan ini dapat memperkuat kerukunan, toleransi serta menciptakan keharmonisan antar umat beragama.


Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam arahannya menekankan pentingnya  mengimplementasikan nilai nilai Pancasila dalam menciptakan harmonisasi untuk mendamaikan perselisihan.


Ia mengatakan kandungan nilai-nilai Pancasila dalam bahasa sansekerta adalah komitmen harmoni. Yakni meliputi wajib hukumnya untuk memilih agama yang diyakini, harus mengandung nilai nilai kemanusiaan atau empati, bermusyawarah, menghormati pilihan masing masing yang akan melahirkan kompetisi yang sehat, dan yang terakhir ciptakan harmonisasi untuk mendamaikan perselisihan.


"Sebagai warga Negara Indonesia wajib hukumnya memilih agama yang diyakininya. Diluar itu, warga Negara yang belum mengenal agama, kita sebagai Pemerintah adalah tugas kita untuk menyampaikannya. Karena ini adalah untuk kebaikan dirinya sebagai pribadi yang ber ke Tuhanan Yang Maha Esa dan juga manusia sebagai makhluk sosial,"jelasnya.


Dengan tema "Peran Strategis TNI Dalam Penguatan Peran Tokoh Agama di Masa New Normal". Dandim mengatakan kerukunan itu berawal karena saling mengenal, sehingga timbul penghargaan, ingat bahwa Pancasila lahir dan dibentuk bukan karena persamaan, namun dari berbagai macam perbedaan kemudian disimpulkan dengan satu persamaan yaitu karena kita semua berasal dari Tuhan, sehingga terciptalah Pancasila sampai saat ini.


Tugas pokok TNI diantaranya yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,"terangnya.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar: