Swipe up untuk membaca artikel

Wawasan Kebangsaan Sebagai Pilar Negara

BOYOLALI. Dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Sambi Kodim 0724/Boyolali Serka Heri Prastyo memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sambi, Jl. Sambi, Dusun III, Catur, Sambi, Kabupaten Boyolali, Kamis (05/03).

Kegiatan ini sebagai bagian dari tugas pembinaan Komando Rayon Militer (Koramil) kepada warga yang berada di Desa wilayah Binaannya.

Serka Heri Prastyo mengatakan bahwa materi wawasan kebangsaan ini sangat penting bagi para generasi muda, karena dapat menanamkan upaya pembinaan karakter dan jati diri generasi penerus bangsa. Dengan wawasan kebangsaan, diharapkan para pemuda mampu mengatasi berbagai permasalahan. Selain itu, wawasan kebangsaan juga penting dalam meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia.

Dihadapan para pelajar, Serka Heri Prastyo mengajak para pelajar agar mempunyai mental dan karakter yang baik sebagai generasi penerus serta bebas dari narkoba, miras, aksi tawuran dan pergaulan bebas, Sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju," ungkapnya.

Kegiatan ini bertujuan agar siswa-siswi bisa mengenal dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar untuk melakukan tindakan dan tingkah laku untuk berbuat yang terbaik demi mencapai wawasan kebangsaan yang seluas-luasnya.
Siswa-siswi yang ada agar selalu menghormati kedua orang tuanya, menghormati gurunya serta bisa menaati semua peraturan yang ada disekolah agar siswa-siswi nantinya memiliki banyak kelebihan dan intelektual yang tinggi sehingga akan menjadi generasi muda yang bisa diandalkan.

 

Pemberian wawasan kebangsaan ini disesuaikan usia para murid yang masih sangat muda. Harapannya, mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Sementara itu, Bapak Syamsudin Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sambi menyampaikan rasa terima kasih kepada pak Danramil Sambi yang dimana telah memerintahkan para Babinsa untuk mengisi materi wawasan kebangsaan di sekolah kami ini dan terimakasih juga kepada Bapak Babinsa karena telah meluangkan waktu untuk memberikan materi tentang pengetahuan wawasan kebangsaan kepada siswa/siswi kami dan berharap semoga kegiatan berlanjut dengan kegiatan-kegiatan yang lainnya. (Penerangan Kodim 0724/Boyolali).

 

berita tni