Iklan

Berita Militer
Sabtu, 08 Februari 2020, Februari 08, 2020 WIB
Last Updated 2020-02-08T03:33:09Z

Sumbangsih Babinsa terhadap warga binaan

BOYOLALI. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya, Babinsa Koramil 14/Klego Kodim 0724/Boyolali Serda Darmawan membagikan tanaman bibit buah jambu mete (jambu monyet) di Dukuh Glagahombo Desa Blumbang, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali. Sabtu (08/02).

Tak kurang dari 100 bibit buah jambu mete (jambu monyet) dibagikan kepada warga Dukuh Glagahombo Desa Blumbang, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali diberikan secara cuma-cuma dan gratis sebagai bentuk perhatian Babinsa terhadap warga binaan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat dan mengurangi dampak pemanasan disaat musim kemarau tiba.

Dikatakan Babinsa Koramil 14/Klego Kodim 0724/Boyolali Serda Damawan selaku Bintara Pembina Desa setempat, dipilihnya bibit buah jambu mete (jambu monyet) ini dikarenakan varian jenis bibit buah ini mudah dikembangkan dan cocok ditanam dilahan Dukuh Glagahombo Desa Blumbang, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali ini.

"Tidak ada perawatan khusus untuk menanam jenis bibit buah jambu mete (jambu monyet) ini, warga tinggal membuat lubang tanam berukuran 50×50 cm dengan kedalaman sekitar 50 cm. Jika hendak menanam lebih dari 1 pohon maka dibuat jarak antar lubang minimal 3,5 meter. Ini karena nantinya pohon jambu mete akan tumbuh besar dan membutuhkan ruang lebih luas. Lubang tanam yang sudah dibuat tadi lalu diisi dengan pupuk dasar. Bahan pupuk dasar yang dipakai adalah pupuk organik. Warga bisa memanfaatkan baik pupuk kandang maupun pupuk kompos. Namun saran dari kami adalah agar warga menggunakan pupuk organik yang sudah difermentasikan dahulu (bokashi), Isi hingga sepertiga atau setengah lubang menggunakan pupuk lalu tutup dengan tanah. Biarkan hingga selama minimal sebulan agar pupuk lebih terurai dengan sempurna dan siap diserap akar tanaman nantinya. Ujar Babinsa menerangkan

"Pemupukan susulan bertujuan untuk memacu pertumbuhan tanam jambu mete. Pupuk kocor yang digunakan adalah pupuk NPK dengan dosis 2-5 gram per liter. Pupuk kocor ini bertujuan untuk melengkapi unsur hara utama yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah banyak. Sedangkan untuk unsur mikro kita bisa memberikannya dengan jalan penyemprotan pupuk cair melalui daun. Warga bisa membeli pupuk cair di toko pertanian atau membuat POC sendiri. Untuk mempercepat laju pertumbuhan warga bisa menambahkan ZPT Auksin dengan jalan disemprot. Auksin akan merangsang pertumbuhan tunas baru. Perlu diingat bahwa dalam penggunaan pupuk diatas agar anda memperhatikan dosis yang dianjurkan oleh produsen pupuk. Interval penyemprotan bisa dilakukan 7-14 hari sekali. Imbuh Babinsa

Bapak Kusno (58), salah satu penerima bibit buah jambu mete (jambu monyet) mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Babinsa Darmawan yang telah memberikan perhatian kepada kami dalam memberikan ilmu dengan cara meningkatkan kesejahteraan warga melalui cocok tanam Ini. (Penerangan Kodim 0724/Boyolali).

 

Tidak ada komentar: