Iklan

Berita Militer
Jumat, 28 Februari 2020, Februari 28, 2020 WIB
Last Updated 2020-03-02T03:13:09Z
beritatni

Kodim Sragen - Semai Bibit, Petani Bumiaji Pilih Varietas Ini

Kodim Sragen - Semai Bibit, Petani Bumiaji Pilih Varietas Ini
Add caption


Rabu, 26 Februari 2020 Serda Sumarno Serda Sumarno Babinsa Desa Bumiaji anggota Koramil 06/Gondang melaksanakan monitoring penyemaian bibit padi varietas ciherang di persawahan Sardi Dukuh Mujirejo Rt 09 A Desa Bumiaji.


"Untuk mendapatkan hasil panen yang baik tentu harus ada kombinasi penggunaan pupuk organik yang maksimal, tanam jajar legowo, pemupukan berimbang dan pengamatan mingguan hama penyakit,"ujar Serda Sumarno.


Tanaman padi Ciherang merupakan jenis padi hasil persilangan dari jenis varietas unggul padi lokal untuk menghasilkan varietas padi unggulan, padi ini untuk menjawab keraguan petani akan mahalnya padi hibrida.


Untuk keunggulan jenis padi Ciherang antara lain  memiliki produktifitas 6,0-8,5 ton/ha dengan umur tanaman relatif singkat 116-125 hari.  Tahan terhadap hama dan penyakit berbahaya tanaman padi seperti hama wereng coklat dan penyakit hawar, daun, bakteri dan lainnya. 


" Tekstur nasi yang dihasilkan lebih pulen serta wangi. Dan tidak kalah pentingnya selain harga benih padi terjangkau, benih padi cihering masih bisa digunakan sebagai bahan tanam kembali " pungkasnya.(RED)


Tidak ada komentar: