Serka Samidi Dampingi Upsus Penyiangan Tanaman Padi di Wilayah Binaannya

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Serka Samidi Dampingi Upsus Penyiangan Tanaman Padi di Wilayah Binaannya

Berita Militer
Kamis, 30 Januari 2020

Serka Samidi Dampingi Upsus Penyiangan Tanaman Padi di Wilayah Binaannya

KodimKaranganyar - Serka Samidi Dampingi Upsus Penyiangan Tanaman Padi di Wilayah Binaannya
KodimKaranganyar Serka Samidi Dampingi Upsus Penyiangan Tanaman Padi di Wilayah Binaannya

Babinsa Koramil 02/Tasikmadu Serka Samidi melaksanakan pendampingan upsus penyiangan tanaman padi varietas Mikongga, dengan luas lahan 3.200 meter milik bapak Darmo dusun Ngijo Tengah, desa Ngijo kecamatan Tasikmadu. Senin (27/01/2020)

 

Dalam pendampingan tersebut, Babinsa juga memberikan penyuluhan kepada warga untuk memperhatikan masalah utama penanaman padi yaitu, pertumbuhan gulma dan rumput – rumput yang cukup mengganggu dalam peningkatan produktivitas budidaya padi.

 

"Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk membantu petani meningkatkan hasil pertanian, dan juga dengan pendampingan akan mempercepat perawatan sehingga akan dapat menghemat biaya. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu tugas Babinsa, juga sebagai kegiatan sosial kemasyarakatan dengan memberi semangat kepada petani untuk terus mengolah lahan pertanian agar tidak alih fungsi.

 

Dalam penyampaiannya Samidi mengatakan, "bahwa tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama bisa mengganggu dan mengurangi produktivitas. Karena tanaman pengganggu (gulma) bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal.

 

Dengan memberikan penyuluhan dan pembantuan penanaman di desa binaannya, Serka Samidi berharap bahwa tindakan ini dapat digunakan sebagai apresiasi dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat dikawasan tersebut.

 

Bapak Darmo mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah bersedia mendampingi para petani. Sehingga para petani khususnya dusun Ngijo Tengah ini mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara merawat dan menanam padi dengan benar. Ia berharap dengan adanya pendampingan seperti ini, akan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan dan memuaskan,"pungkasnya.(SW27)