Iklan

Berita Militer
Jumat, 06 Desember 2019, Desember 06, 2019 WIB
Last Updated 2019-12-11T05:13:56Z
beritatni

Upaya Babinsa Bantu Petani Mengusir Hama Burung Pipit

KlatenUpaya Babinsa Bantu Petani Mengusir Hama Burung Pipit

 


Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) Koramil 23/Ceper, Kodim 0723/Klaten Serda Suparman melaksanakan kegiatan Ketahanan Pangan pendampingan kepada petani di lahan sawah Bapak Suwardi Kelompok Tani Makmur, membantu petani mengusir hama burung pipit diarea persawahan desa Kuncen kecamatan Ceper kabupaten Klaten. Jumat ( 06/12 )


Babinsa Serda Suparman mengungkapkan salah satu hama tanaman padi yang kadang menyulitkan para petani adalah jenis burung. Burung memang menjadi musuh utama para petani padi. Jenis burung yang yang sangat suka memakan tanaman padi adalah burung pipit atau dibeberapa daerah bisa disebut dengan burung emprit.

Upaya Babinsa Bantu Petani Mengusir Hama Burung Pipit



Pendampingan ini merupakan untuk mengatasi permasalahan petani di desa Kuncen bahwa hama burung pipit dan sejenisnya menyerang bulir tanaman padi. Berbagai jenis hama burung ini merusak menghisap dan memakan biji bulir padi yang baru keluar yang nantinya akan menjadi gabah.


Serda Suparman Koramil 23/Ceper mengusir hama burung dengan menarik tali untuk menggoyangkan orang orangan sawah berpakaian bekas di area persawahan di area persawahan tersebut. Hama burung sangat aktif mencari pakan berupa biji bijian pada pagi dan sore sehingga petani harus mengusirnya untuk mencegah pengurangan produksi padi.Dilan/Ym


Tidak ada komentar: