Swipe up untuk membaca artikel

Forkopincam Pracimantoro Hadiri Lokakarya Mini UPTD Puskesmas Prackmantoro II



Wonogiri - Forkopincam Pracimantoro menghadiri kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor UPTD Puskesmas Pracimantoro II Kab. Wonogiri yang bertempat di RM Sumber Mirah, Desa Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro. Kab. Wonogiri, Jum'at(6/12).

Hadir dalam kegiatan antara lain Warsito, S.IP., MM., Camat Pracimantoro
Anggota Koramil 13/Pracimantoro Serka Gunawan, Anggota Polsek Pracimantoro Aipda Sumadi, Dr. Satyawati Prawirohardjo Kepala UPTD Puskesmas Pracimantoro II, Misbahudin, S.Ag., Kepala KUA Pracimantoro, Kepala dinas instansi terkait/korwil Kec. Pracimantoro, Ketua TP PKK Kec. Pracimantoro, Kepala SMP se-wilayah kerja Puskesmas Pracimantoro II, Kepala Desa/Lurah se-Kec. Pracimantoro

Laporan Panitia Pelaksanaan oleh Dr. Satyawati Prawirohardjo Kepala UPTD Puskesmas Pracimantoro II menyampaikan latar belakang yaknu penyebab masalah kesehatan dapat disebabkan antara lain oleh faktor lingkungan (termasuk sosial-ekonomi-budaya), perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan, keadaan demografl dan faktor keturunan. Oleh karena itu untuk memecahkan masalah kesehatan dibutuhkan kerjasama antara sektor kesehatan dengan sektor-sektor Iain yang terkait dengan penyebab terjadinya masalah kesehatan.

Untuk memelihara kerjasama lintas sektor perlu dilakukan upaya penggalangan dan pemantauan pelaksanaan kerjasama melalui suatu forum lokakarya mini yang diselenggarakan setiap tribulan yang disebut Lokakarya Mini Tribulanan. Adapun maksud dan tujuan untuk Menyampaikan informasi dan mengidentiflkasi capaian hasil kegiatan tribulan sebelumnya. Membahas dan memecahkan masalah dan hambatan yang dihadapi oleh lintas sektor pada kegiatan tribulan sebelumnya. Menganalisa serta memutuskan RTL dengan memasukkan aspek umpan balik dari masyarakat dan sasaran program.

Dalam sambutannya Camat Pracimantoro menyampaikan Kegiatan Loka karya Mini adalah gelombang yang terakhir dibulan Desember, kegiatan ini bertujuan bagaimana caranya untuk meningkatkan kesehatan diwilayah kecamatan Pracimantoro, dan kami harapkan kegiatan ini  ini mungkin nanti bisa disampaikan ke masyarakat. Kami harapkan dalam bidang kesehatan ada solusi lain yang bisa disampaikan ke masyarakat dan harapan kami jika ada permasalahan bisa dipecahkan bersama dengan solusi terbaik. Dalam waktu dekat ini kita kita akan menghadapi musim penghujan, kami mohon masyarakat untuk membersihkan lingkungan, dan kami harapkan kepala desa berperan aktif untuk menggerakkan Destana ditiap tiap desa, guna mencegah sebelum terjadi yang menimbulkan masalah kesehatan, (**).
berita tni