Swipe up untuk membaca artikel

Forkopimda Hadiri Sosialisasi Pendaftaran PTSL 2020

Forkopimda Hadiri Sosialisasi Pendaftaran PTSL 2020


Wonogiri – Memasuki era digital, Kementrian Agraria dan tataruang/badan pertanahan nasional telah meluncurkan layanan pertanahan secara elektronk, diantaranya mengenai pelayanan hak tanggunga secara digital/elektronik.Proses pelayanan ini adalah dalam rangka pemeliharaan data pendaftaran tanah melalui elektronik yang terintegrasi, seirng dengan pelayanan dibidang pertanahan, pemerintah berkomitmen untuk memberikan jaminan kepastian perlindungan hukum /hak atas tanah hingga dimiliki masyarakat dan melaksanakan program program prioritas nasional berupa percepatan atau pendaftaran tanah sistematis lengkap(PTSL), diharapkan dapat mewujudnyatakan pembangunanyang merata bagi masyarakat.


Kapten Inf Joko Susilo (Danramil 10/Wuryantoro) mewakili Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh, S.Sos., MH., menghadiri kegiatan Sosialisasi pendaftaran tanah sistematis lengkap(PTSL) 2020  Optimalisasi penerimaan asli daerah melalui pajak BPHTB dan hak tanggungan elektronik di Kabupaten Wonogiri, yang bertempat di Pendopo Kabupaten Wonogiri, Kamis(7/11).

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Wonogiri Suharno membacakan sambutan dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo ada harapan besar dengan dilaksanakan program ini yakni murni atas keterbukaan, ketepatan waktu, kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan. Langkah ini merupakan bentuk penyesuaian perkembangan hukum dan tekhnologi informasi, demi meningkatkan efektifitas dan efisiensi dan meningkatkan layanan hak tangunggan dalam bentuk pelayanan elektronik.

Capaian program PTSL tahun 2019 sangat baik, dan akan dilanjutkan di tahun 2020. Besar harapan kita agar target akan tercapai, jajaran pertanahan menyebutkan dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri terdapat jumlah bidang terdaftar ada 559.839, jumlah bidang yang belum terdaftar masih ada 23.833, jumlah bidang tanah terdaftar terpetakkan ada 319.565, sedangkan jumlah bidang tanah terdaftar belum terpetakkan atau K4 ada 215.717, semua ini perlu kerja keras yang harus kita kerjakan dan memerlukan sosialisasi secara terus-menerus kepada seganap masyarakat Wonogiri. Dan diperlukan dukungan semua pihak agar program PTSL ini bisa berjalan dengan lancar dan mencapai target yang telah ditentukan.


Perlu disampaikan, bahwa program PTSL tahun 2020 direncanakan di 4 Kecamatan dan 48 Desa/Kelurahan yang meliputi Kecamatan Batuwarno ada 8 Desa, Kecamatan Eromoko ada 15 Desa dan Kelurahan, Kecamatan Jatiroto 15 Desa dan Kelurahan, Kecamatan Kismantoro ada 10 Desa dan kelurahan.

Dalam kegiatan tersebut juga diikuti oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Wonogiri Abdul Azis, SH., M.Kn., Asisten Perekonomian dan Administrasi Bambang Haryadi, Kabag Ren Polres Wonogiri Kompol Sayid, Kasubag Bag Bin Kejari Agus Sudarmanto, SH., MH., Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Wonogiri Drs. Stefanus Pranowo, M.Si., (**).
berita tni