Iklan

Berita Militer
Minggu, 24 November 2019, November 24, 2019 WIB
Last Updated 2019-12-02T09:19:17Z
beritatni

BABINSA SIMO SEMARAKKAN KIRAP SENI DAN BUDAYA

BOYOLALI. Babinsa Koramil 12/Simo Kodim 0724/Boyolali Serka Parwito ikut serta menyemarakkan dan mengamankan Kegiatan Kirab Seni dan Budaya yang diselenggarakan oleh Forkopimcam Simo, Sabtu (23/11).

Bertemakan "NGURI-NGURI BUDOYO LUHUR" Kirap Seni dan Budaya ini terselenggara berkat kerjasama antara unsur Forkopimcam Simo dengan Forkopimda Kab. Boyolali. Kirab Budaya ini diharapkan mampu dan tidak melupakan jati diri bangsa atas nilai-nilai luhur para pendahulu ditengah-tengah budaya masyarakat yang semakin kompleks. Kearifan lokal yang terkait dengan kebudayaan memiliki arti penting untuk menjaga keberlanjutan dan kelestarian budaya terlebih ditengah-tengah modernisasi yang dalam kenyataannya dapat menggeser nilai-nilai budaya lokal.

Kegiatan ini diikuti oleh komponen masyarakat Kecamatan dan pelajar se Kecamatan Simo Kab. Boyolali. Para peserta Kirab Seni dan Budaya ini nampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Syarat nilai-nilai terkandung didalamnya diturunkan melalui suatu aktifitas ritual dan pendidikan, namun demikian dalam kenyataan tradisi tersebut hanya merupakan sebagian dari kehidupan masyarakat yang masih kokoh mempertahankan tradisi.

Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kekayaan budaya merupakan suatu wahana pelestarian budaya melalui interaksi kegiatan budaya secara langsung yang bersifat multi kulturalisme di Kec. Simo khususnya.

Disela-sela pengamanan Serka Parwito menyampaikan bahwa dalam pengamanan ini melibatkan unsur TNI, Polri dan Linmas." Kita bersinergi untuk mengamankan pesta rakyat kirab Seni dan budaya, agar dalam pelaksanaannya aman. Sehingga kegiatan bisa berjalan lancar dan pengunjung bisa menonton dengan nyaman," Ungkapnya.(Penerangan Kodim 0724/Boyolali)

 

Tidak ada komentar: