Swipe up untuk membaca artikel

Sragen - Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara Bagi siswa

Tumbuhkan Kesadaran Bela Negara Bagi siswa
Add caption


Danramil-13/Sukodono Kapten Arm Budiyanto, S.H.I mengisi pembelajaran tentang pengetahuan bela negara kepada siswa / pelajar di SMK Mutiara, Senin, ( 14/10/19 ).


Dalam kesempatan tsb Danramil 13/Skd menyampaikan tentang bela negara, guna mendorong dan menumbuhkembangkan sikap seluruh komponen masyarakat agar dapat memaknai lebih mendalam akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.


Hal tersebut diwujudkan dengan menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan cinta kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasilasebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.


"Semoga para peserta dapat memperoleh informasi yang akurat tentang pendidikan pengetahuan bela negara sehingga nantinya menjadi pelopor dan penyebar informasi kepada seluruh masyarakat " harap Danramil Sukodono.


Menurut dia, bela negara merupakan sikap dan perilaku bagaimana mencintai negara sesuai dengan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara yang syarat-syaratnya diatur dalam Undang-undang.


Ditambahkannya, spektrum bela negara sangat luas, banyak peran yang bisa dilakukan untuk bela negara. "Sebagai pelajar, banyak hal yang sangat sedehana untuk bela negara, misalnya taati peraturan lalu lintas, taat dan patuh kepada orang tua, serta para guru di sekolah," pesannya. (red)


berita tni