Iklan

Berita Militer
Sabtu, 19 Oktober 2019, Oktober 19, 2019 WIB
Last Updated 2019-10-23T07:11:37Z
beritatni

Ini Yang Disampaikan Serda Agus Kepada Puluhan Siswa SMPN 1 Jatisrono


Wonogiri - Bertempat di Aula Sekolah SMPN 1 Jatisrono,telah di laksanakan kegiatan Pembekalan Latihan Dasar kepemimpinan (LDK) Siswa Siswi kelas 7 Dan kelas 8 SMPN 1 Jatisrono Kabupaten  Wonogiri, berjumlah 50 Pelajar.Sabtu (19/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut kepala sekolah SMPN 1 Jatisrono Cuk Widada Spd.MM, Babinsa Ramil 14/Jatisrono Serda Agus.P. Guru pembimbing Bpk suryadi, dan Bpk Yoga.

Cuk Widada S.Pd.MM selaku Kepala sekolah menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak koramil 14/Jatisrono yang telah bersedia meluangkan waktu guna melatih Dasar kepemimpinan  menerapkan sikap disiplin serta mental yang kuat kepada siswa dan siswi kami. Serta menjadi contoh terhadap adik-adik kelas nantinya bila menjadi pemimpin.

Harapan kami kedepan semoga setelah mendapat pelatihan, arahan,nasehat dan bimbingan,siswa dan siswi kami menjadi murid yang membagakan bagi sekolahan,guru,orang tua serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Adapun materi yang di sampaikan Serda Agus Prihartin yaitu Materi Latihan Dasar Kepemimpinan. Syarat seorang pemimpin, Mudah menyesuaikan dengan lingkungan Sekolahan. Mampu menggerakan siswa yang di pimpin. Bersikap Tegas pada saat tertentu. Berprinsip dan konsisten.

Bersikap terbuka Mau membantu memecahkan permasalahan Temannya. Mengutamakan suatu kekeluargaan. Mengondisikan komunikasi dengan baik dengan rekan yang di pimpin.  Bertanggung jawab terhadap masalah yang dihadapi oleh rekan rekan yang di pimpin.

Memberi kesempatan untuk mengutarakan pendapat rekan yang di pimpin. Mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa/ siswi yang di pimpin. Mengutamakan kepentingan bersama. Dan Mempunyai ketegasan dalam situasi dan kondisi Apapun.

Ciri kepemimpinan yang demokratis. Tenggang Rasa Memberi kesempatan Saran usul terhadap siswa/siswi yg di pimpin. Selalu menerima kritik dari rekan yang di pimpin demi kebaikan serta kemajuan.

Menciptakan suasana yang Harmonis antara yang memimpin dan yang di pimpin. Tidak mementingkan diri sendiri. Selalu mawas diri agar di senangi rekan rekannya. Bijak Lapang dada dan terbuka Mendorong siswa/siswi untuk mencapai hasil yg lebih baik dalam tiap kegiatan.

Tidak Sombong Menghargai pendapat dan membimbing rekan rekannya yang di pimpin. Tidak mudah putus Asa,terbuka Adil dan bijaksana dan Mengutamakan Musyawarah dan mendelegasikan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. (**)

Tidak ada komentar: