Swipe up untuk membaca artikel

Guna Keamanan Lingkungan Tetap Terjaga, Puluhan Linmas Di Beri Pelatihan Oleh TNI


Wonogiri – bertempat di pendopo balai Kelurahan Gedong  Kecamatan Pracimantoro telah dilaksanakan kegiatan pelatihan Penguatan dan peningkatan kapasitas Linmas yang diikuti 37 orang linmas. Selasa (22/10).

Hadir kegiatan tersebut Kepala kelurahan Gedong Tamsis. Sekdes Gedong Sucipto S.Sos. Babinsa  Koramil 13/Pracimantoro Serda Nardi. Polsek Pracimantoro Aiptu Agus. Perangkat Kelurahan Gedong. Linmas 37 orang.

Tamsis selaku Lurah Gedong menyampaikan kegiatan ini telah saya agendakan bagi anggota LINMAS kelurahan gedong dengan mengundang Babinsa kelurahan gedong dari Koramil Pracimantoro Sersan dua Nardi untuk memberikan pengarahan sekaligus pembekalan materi, sehingga anggota linmas lebih baik, disiplin dan semangat.

Pembekalan materi yang di sampaikan Babinsa kelurahan gedong sersan dua  Nardi. Fungsi linmas yaitu membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat.  Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yg di timbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam, yang mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.

Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum,daya tahan serta daya lawan masyarakat dlm mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan. Fungsi linmas juga memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah/desa, kepolisian dlm memelihara ketentraman dan ketertiban umum. Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan didesa/kelurahan.

Untuk menciptakan ketentraman,ketertiban dan keamanan di lingkungan, Linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi kepala desa setempat selaku pengendali langsung linmas. Melalui pelatihan ini diharapkan satuan Linmas kelurahan gedong akan semakin mantap dan menjadi lebih baik, dlm menjalankan tugas taggung jawabnya dlm menjaga stabilitas keamanan lingkungan. Pegang teguh sumpah/ janji linmas di hafalkan dan di pedomani.

Sambutan Polsek Pracimantoro Aiptu Agus. Sudah banyak yang di sampaikan Babinsa, intinya fungsi Linmas membantu melimelihara dan meningkatkan keamanan lingkungan desa/kelurahan.

Linmas harus tanggap dan bijak dalam menangani jika di desa/kelurahan ada suatu yang tidak di inginkan misalnya ada pencurian dan bencana alam seorang linmas harus berkoordinasi dengan Babinsa /babinkamtibmas agar semua masalah cepat di selesaikan. (**)
berita tni