Minggu Militer, Prajurit Wajib Mahir Pioneering

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Minggu Militer, Prajurit Wajib Mahir Pioneering

Berita Militer
Rabu, 25 September 2019

Wonogiri - Guna mengasah kembali kemampuan dasar prajurit, Kodim 0728/Wonogiri menggelar latihan Minggu Militer. Latihan itu berisi materi tali-temali yang bertempat di halaman Makodim. Selasa (24/9).

Latihan di Minggu Militer ini rutin dilaksanakan setiap bulan di pekan terakhir, dengan materi berbeda-beda. Kegiatan itu bertujuan untuk mengingat kembali materi dasar keprajuritan kepada prajurit.

"Materi kali ini tentang tali-temali. Prajurit seperti bintara dan tamtama mengikuti kegiatan ini. Harapannya dapat menyegarkan kembali ingatan dan melatih ketrampilan dasar prajurit yang sudah dimiliki mereka sejak lama," jelas Batiops Pelda Widyanto.

Pasi Ops Kapten Inf Toto Mardoyo menambahkan, prajurit rata-rata sudah memahami dan mampu menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pendidikan dasar dikenal dengan istilah pioneering.

Disebut pioneering karena tali-temali ini terutama digunakan untuk kegiatan para perintis (pioneer). Seperti membuat jembatan, menara pandang/intai, rumah sementara, hingga benteng.

"Dengan adanya kegiatan tersebut dapat menjadi wahana komunikasi sosial (komsos) babinsa dengan masyarakat sekitarnya, termasuk anak-anak sekolah. Lebih khususnya lagi kepada anak-anak pramuka di Kabupaten Wonogiri. Tentu pelatihan ini akan bermanfaat untuk mereka," tutupnya.(Pendim 0728/Wng)